BROWSING

browsingBrowsing merupakan kegiatan menjelajah dunia maya atau biasa disebut membuka sebuah website/laman internet. Dengan melakukan browsing ini, kita dapat menemukan berbagai hal informasi dari sebuah website yang ditulis oleh penyedia laman.

Dalam menjelajah dunia maya (brwosing), kita memerlukan penyedia layanan internet (browser), seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox Browser, Google Chrome, Safari, Opera Browser, dan lainnya.

Aplikasi web bowser akan mengambil atau mendownload kode yang biasanya ditulis dalam HTML(HyperText Markup Language) atau dengan bahasa pemrograman lain dari server web. kemudian menterjemahkannya menjadi teks atau gambar dan menampilkannya ke layar browser. Pada kebanyakan kasus, interaksi pengguna dibutuhkan untuk memberitahu web browser tentang situs atau halaman web apa yang ingin dilihat. Caranya adalah dengan mengetikkan alamat web atau URL pada bar alamat browser.

Alamat web, atau URL (Uniform Resource Locator), yang Anda ketik ke bar alamat browser memberitahu browser di mana tempat untuk mengambil halaman web yang kita inginkan.

Sebagai contoh, mari kita katakan bahwa Anda mengetik URL berikut ke address bar browser: http://google.com

Pada bar web browser terlihat di URL ada dua bagian utama. Yang pertama adalah protokol, yang pada alamat yang tertera adalah “http://”.

HTTP, yang merupakan singkatan dari HyperText Transfer Protocol, adalah protokol standar yang digunakan untuk meminta dan mengirimkan file di Internet.

Langkah pertama adalah hubungkan komputer/laptop/tablet dengan internet. Baik menggunakan dial up, gprs, modem ataupun menggunakan Wi-Fi.  Kemudian masukkan alamat web yang kita inginkan dalam address bar.

browsing

Cara membuka website/browsing

Setelah halaman web terbuka maka Anda akan melihat beberapa tampilan sesuai dengan pengaturan dari pemilik website.

Anda dapat mencari apa yang terdapat di website dengan menggunakan fasilitas pencari (search) dalam web atau melalui site-map atau daftar isi sebuah website.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Translate »