Wisata di Wilayah Solo Raya

Download PDF

logo-solo-spirit-of-javaIngin berwisata dan menikmati budaya di daerah Solo Raya? Solo Raya merupakan daerah eks Karesidenan di daerah Jawa Tengah yang terdiri dari 1 Kota dan 6 Kabupaten. Banyak yang menyebut dengan istilah Subosukawonosraten. Subosukawonosraten merupakan singkatan dari Surakarta (Solo), Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten.

Solo Raya adalah wilayah geografis di Jawa Tengah, Indonesia yang meliputi Kota Surakarta sebagai pusatnya dan dikelilingi dengan wilayah-wilayah satelit.

Dalam arti sempit, wilayah ini dapat berarti Kota Solo dan kecamatan-kecamatan di luar Solo yang berbatasan langsung dengannya, misalnya kecamatan Kartasura, Grogol (Solo Baru), Palur, Baki dan Sukoharjo di Kabupaten Sukoharjo (selatan Solo), Karanganyar, Karangpandan, Matesih, Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar (timur Solo), Mojosongo, Ngemplak & Colomadu (Bandara Adisumarmo) (barat Solo).

Sementara dalam arti luas wilayah ini dapat merujuk pada eks-Karesidenan Surakarta atau bahkan eks-Daerah Istimewa Surakarta, yang sering disingkat dengan nama Subosukawonosraten, yang terdiri dari enam kabupaten, tiga di antaranya berbatasan langsung dengan Solo (Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar), dan tiga yang lain tidak berbatasan langsung (Wonogiri, Sragen, Klaten). Di antara wilayah-wilayah ini, hanya Wonogiri yang memiliki akses ke laut, yaitu di desa Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri.

1.  PURA MANGKUNEGARAN

PURA MANGKUNEGARANadalah istana tempat kediaman para Pangeran Adipati Arya Mangkunegara dan keluarganya di Surakarta. Pura mangkunegaran dibangun pada tahun 1757. Bangunan Pura Mangkunegaran ini secara umum mempunyai kesamaan dengan Keraton. Pura ini memiliki Pendopo, Pringgitan, Pamedan, dan Kaputren. Semua bangunan itu dikelilingi tembok banteng yang kokoh

01. PURA MANGKUNEGARAN2.  KERATON KASUNANAN SURAKARTA

Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744. Keraton ini kini menjadi salah satu objek wisata utama di Kota Surakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kasunanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan contoh arsitektur istana Jawa tradisional yang terbaik

02. KERATON KASUNANAN SURAKARTA3.  TAMAN BALEKAMBANG

Taman Balekambang adalah taman yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah. Oleh karena itu, dua patung dari putri ini juga diletakkan di dalam taman. Selain itu, taman yang terbagi dua juga diberi nama sesuai dengan nama kedua putri, yaitu Partinah Bosch yang merupakan semacam hutan kota, dan Partini Tuin, yang merupakan kolam air. Taman ini terletak di Jl. Ahmad Yani, Surakarta dengan area seluas 9,8 Ha dan dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 sampai pukul 18.00 WIB setiap hari.

03. TAMAN BALEKAMBANG4.  PANDAWA WATER WORLD

Pandawa Water World adalah sebuah wahana wisata air yang sudah menjadi salah satu tempat wisata di Solo yang terkenal. Berlokasi di Solo Baru, Sukoharjo. Pandawa Water World Solo Baru menawarkan pengalaman bermain air yang menyenangkan bagi keluarga anda dengan fasilitas lengkap sehingga cocok untuk semua umur

04. PANDAWA WATER WORLD5.  WAYANG ORANG SRIWEDARI

Wayang Orang Sriwedari hadir setiap hari Senin-Sabtu pukul 20.00 WIB. Retribusi Rp. 3.000,-

05. WAYANG ORANG SRIWEDARI6.  MUSEUM SANGIRAN

Museum Sangiran yang terletak di Kalijambe Kabupaten Sragen, sekitar 15 km ke arah utara dari Kota Solo merupakan museum prasejarah yang menyimpan fosil-fosil peradaban manusia purba yang berusia hingga dua juta tahun. Museum ini berada di area situs purbakala Sangiran yang luasnya mencapai 56 km persegi. Museum Sangiran beserta arkeloginya, merupakan arena penelitian tentang kehidupan prasejarah terpenting dan terlengkap di dunia yang berguna untuk perkembangan ilmu pengetahuan seperti antropologi, arkeologi, geologi, dan paleoan-thropologi.

06. MUSEUM SANGIRAN7.  CANDI SUKUH

Candi Sukuh adalah sebuah kompleks candi agama Hindu yang secara administrasi terletak di wilayah Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, eks Karesidenan Surakarta, Jawa Tengah. Candi ini dikategorikan sebagai candi Hindu karena ditemukannya obyek pujaan lingga dan yoni. Candi ini dianggap kontroversial karena bentuknya yang kurang lazim dan karena penggambaran alat-alat kelamin manusia secara eksplisit pada beberapa figurnya.

07. CANDI SUKUH8.  BUS TINGKAT WERKUDARA

Cukup dengan Rp. 20.000,- anda akan diajak berkeliling kota Solo dengan bus tingkat ini. Beroperasi setiap Sabtu, Minggu dan hari libur. Bisa juga dicarter untuk rombongan wisata.
Pemesanan dilakukan di kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta di Jalan Menteri Supeno No. 7 Manahan pada hari dan jam kerja.

08. BUS TINGKAT WERKUDARA9.  GROJOGAN SEWU

Air terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Air terjunnya memiliki ketinggian 80 m.

09. GROJOGAN SEWU10. MUSEUM GULA GONDANG WINANGOEN

Museum Gula Klaten atau sering disebut pula Museum Gula Jawa Tengah merupakan sebuah museum yang terdapat di kompleks Pabrik Gula Gondang Baru. Pabrik Gula ini saat ini dikelola oleh Perseroan Terbatas (PT) Perkebunan Nusantara atau lebih familiar disebut PTPN IX wilayah Jawa Tengah

10. MUSEUM GULA GONDANG WINANGOEN11. KEBUN TEH KEMUNING

Lokasi Wisata Alam Kebun Teh Kemuning berada di kaki Gunung Lawu tepatnya di desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Dapat diakses dari solo sekitar 45 menit, Kebun Teh Kemuning merupakan salah satu tempat wisata favorit keluarga suasananya yang nyaman dan udara yang segar.

11. KEBUN TEH KEMUNING12. EKOWISATA TLATAR BOYOLALI

Sebagai sebuah ekowisata, Tlatar memiliki nuansa alam yang begitu terasa. Fasilitas dan wahana yang dimiliki pun cukup lengkap. Selain tempat bermain yang diberi nama “Kolam Keceh”, ada juga wahana berupa kolam renang untuk anak-anak, becak air serta terapi ikan.

12. EKOWISATA TLATAR BOYOLALI13. SENTRA GAMELAN WIRUN

Desa Wirun yang terletak di Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, sekitar 10 km kearah tenggara dari Kota Solo merupakan sentra perajin gamelan, utamanya gong. Selain itu, di sekitar desa ini juga banyak perajin ganteng tradisional yang terbuat dari tanah liat, batu bata merah, tahu (makanan olahan kedelai) dan industri alkohol yang dikelola secara tradisional.

13. SENTRA GAMELAN WIRUN14. MASJID AGUNG SURAKARTA

Masjid Agung Surakarta didirikan oleh Pakubuwono III pada sekitar tahun 1749. Terletak di sekitar Alun-alun Utara Keraton Surakarta, tepatnya di bagian barat, masjid ini memiliki posisi penting dalam penyebaran Agama Islam di Solo.

14. MASJID AGUNG SURAKARTA15. GLADAG LANGEN BOGAN (GALABO)

Merupakan pusat jajanan Solo dimalam hari. Disini anda bisa menemukan beragam kuliner Solo.

15. GLADAG LANGEN BOGAN (GALABO)16. PASAR ANTIK TRIWINDU

Merupakan pasar yang menjual barang-barang antik. Terletak di kawasan Ngarsopuro, Solo,

16. PASAR ANTIK TRIWINDU17. MUSEUM RADYAPUSTAKA

Merupakan Museum tertua di Indonesia. Terletak di Jalan Slamet Riyadi, tidak jauh dari Taman Sriwedari. Museum ini menampilkan koleksi barang antik, gamelan, keris, wayang, buku kuno dan lain-lain.

17. MUSEUM RADYAPUSTAKA18. WADUK GAJAHMUNGKUR

Waduk yang merupakan salah satu dari 7 waduk terbesar ini terletak terletak 3 km di selatan Kota kabupaten Wonogiri. Perairan danau buatan ini dibuat dengan membendung sungai terpanjang di pulau Jawa yaitu sungai Bengawan Solo. Mulai dibangun pada akhir tahun 1970-an dan mulai beroperasi pada tahun 1978.

18. WADUK GAJAHMUNGKUR19. KERETA UAP JALADARA

Kota Solo memiliki rel aktif yang melintas sejajar dengan jalan Slamet Riyadi. Anda dapat menikmati kota Solo menaiki kereta kuno ini. Pemesanan dilakukan di kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta di Jalan Menteri Supeno No. 7 Manahan pada hari dan jam kerja.

19. KERETA UAP JALADARA20. KAMPUNG BATIK LAWEYAN DAN KAUMAN

Ingin berbelanja batik langsung dari pembuatnya?
Datang saja ke Kampung Batik Kauman dan Laweyan.

20. KAMPUNG BATIK LAWEYAN DAN KAUMAN21. PASAR GEDE SOLO

Pasar Gede Harjonagoro merupakan pasar tradisional terbaik yang dimiliki Solo. Bangunan ini dirancang oleh arsitek Belanda, Ir. Thomas Karsten.

21. PASAR GEDE SOLO22. MUSEUM BATIK DANARHADI

House of Danar Hadi, merupakan kompleks wisata heritage terpadu tentang batik yang terletak di kota Solo. Didirikan oleh perusahaan batik asal Solo PT Batik Danar Hadi pada tahun 2008 dan mengkhususkan batik beserta aspek-aspek budayanya sebagai obyek wisata utamanya.
Terletak di dalam sebuah kompleks bangunan kuno yang merupakan cagar budaya, bangunan utama di dalam House of Danar Hadi adalah Ndalem Wuryaningratan. Bangunan ini dulunya adalah kediaman seorang pangeran, cucu dari Raja Solo (Kasunanan Surakarta) Sri Susuhunan Pakubuwono IX dan menantu dari Sri Susuhunan Pakubuwono X yang bernama KRMTA Wuryaningrat.
Museum ini menyimpan koleksi kain batik yang mencapai 10,000 helai dan diakui oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak.

22. MUSEUM BATIK DANARHADI23. SELO PASS & JEMBATAN GANTUNG SELO, BOYOLALI

Selo Pass merupakan tempat wisata yang menawarkan keindahan puncak gunung Merapi dan Merbabu. Berada di tengah-tengah kedua gunung tersebut yang merupakan jalur Borobudur – Selo – Solo. Selo Pass juga menjadi “pintu masuk” pendakian dua gunung tersebut. Di dekat Selo Pass, tempatnya di Desa Jrakah, kecamatan Selo terdapat Pusat Observasi Gunung Merapi, yang bisa dipergunakan untuk melakukan pengamatan terhadap puncak gunung berapai yang paling aktif di Indonesia tersebut.

23. SELO PASS & JEMBATAN GANTUNG SELO, BOYOLALI24. UMBUL PONGGOK KLATEN

Umbul Ponggok merupakan sebuah mata air yang berbentuk kolam dengan panjang lebih dari 75 meter dan lebar lebih dari 40 meter. Kedalaman kolamnya pun mencapai dua hingga tiga meter (bagian tengah). Air di Umbul Ponggok ini sangat jernih. Airnya berasal dari mata air tanah yang hingga saat ini masih terus memancar. Saking jernihnya pengunjung bisa melihat aneka ikan di dalam air dengan jelas. Bahkan hasil dari berfoto ria di bawah air pun bisa terlihat sangat jelas

24. UMBUL PONGGOK KLATEN25. TAMAN SATWA TARU JURUG

Taman Jurug Solo menyimpan berbagai koleksi binatang relatif lengkap sehingga cocok sebagai sarana pengenalan binatang kepada anak

25. TAMAN SATWA TARU JURUG26. JUMOG WATERFALL

Air Terjun Jumog tidak kalah indah dari air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu. Berjarak sekitar 40 KM dari kota Solo, Air Terjun Jumog menawarkan wisata alam dengan panorama indah dan harga yang murah.

26. JUMOG WATERFALL27. PASAR KLEWER

Pasar Klewer adalah pusat tekstil terbesar di kota Solo dan merupakan pasar batik terbesar di Asia dengan lebih dari 2,000 pedagang yang berjualan setiap harinya. Berlokasi di sebelah barat keraton Surakarta. namun karena kebakaran hebat, untuk sementara Pasar Klewer di tempatkan di alun-alun Utara.

27. PASAR KLEWER28. CANDI CETHO

Candi Ceto merupakan candi bercorak agama Hindu yang diduga kuat dibangun pada masa-masa akhir era Majapahit (abad ke-15 Masehi). Lokasi candi berada di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1496 m di atas permukaan laut, secara administratif berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Untuk menuju lokasi ini anda akan melewati hamparan hijau perkebunan teh Kemuning.

28. CANDI CETHO29. AIR TERJUN PARANG IJO

Air Terjun Parang Ijo terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar dan memiliki ketinggian sekitar 50 m. Air terjun ini berjarak tempuh sekitar 20 menit dari komplek wisata candi Cetho

29. AIR TERJUN PARANG IJONah mau pilih dimana? masih banyak lagi di daerah Solo Raya,….

Download PDF

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »