Mar 16 2018

Tutorial Button Flash Untuk Teks Isian

Download PDF

Sebelumnya telah saya berikan tutorial membuat button sederhana dari flash untuk berpindah frame dengan cepat. Namun sejatinya button tidak hanya digunakan untuk berpindah frame saja. Ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan button yang ada bergantung pada script yang kita berikan.

Salah satunya adalah untuk menampilkan  hasil teks yang telah dilakukan isian sebelumnya pada input text.  Hal ini memudahkan pembuat animasi  untuk membuat animasi teks isian singkat, soal dan termasuk hingga hitungan.

Di bawah ini akan saya tunjukkan bagaimana membuat action script pada button di aplikasi Adobe Flash yang sederhana dan mudah dilaksanakan untuk menampilkan teks yang telah diisi pada kolom yang disediakan pada frame yang sama.

Yang perlu diperhatikan sekali adalah penamaan variabel pada input dan dynamic text. penamaan variabel tidak diperkenankan menggunakan spasi atau karakter lain. Dan untuk memudahkan mengingat usahakan menggunakan huruf kecil semua dan jika perlu nama kolom mirip, misalnya kolom nama depan dan nama belakang, bisa diakali dengan penamaan variabel menjadi nama1 dan nama2.

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat video di bawah ini :

Download PDF

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Translate »