Pengaruh Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Terhadap Keaktifan Siswa Kelas VIII

Download PDF

Masripah. 2014. Pengaruh Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Terhadap Keaktifan Siswa Kelas Viii Di Mts Darul Ulum Palangka Raya. (Skripsi). Palangka Raya: Dipublikasikan sebagai Skripsi STAIN Palangka Raya

ABSTRAK

Dalam materi sistem pencernaan banyak materi yang bersifat menghafal dan menuntut siswa agar dapat memahami materi yang diajarkan oleh guru, selain itu dalam belajar mengajar guru masih dominan menggunakan metode ceramah dan tanpa menggunakan media sehingga siswa merasa jenuh, bosan dan tidak semangat pada saat pembelajaran berlangsung. Maka dari itu diperlukan penggunaan media yang tepat untuk materi-materi tertentu khususnya dalam mata pelajaran IPA agar siswa tidak jenuh atau bosan dan semangat saat pembelajaran berlangsung. Upaya untuk meningkatkan keaktifan siswa pada materi Sistem Pencernaan Pada Manusia di MTs Darul Ulum ini maka peneliti menggunakan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu: (a) untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif pada materi sistem pencernaan pada manusia terhadap aktivitas siswa di kelas VIII MTs Darul Ulum Palangka Raya, (b) untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif pada materi sistem pencernaan pada manusia terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII MTs Darul Ulum Palangka Raya.

Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi eksperimen, teknik pengumpulan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VIII B menggunakan multimedia interaktif yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, metode tes (30 item), dan metode kuesioner (angket). Uji hipotesis dianalisis menggunakan korelasi product moment dengan bantuan Microsoft Exel 2007.

Pembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif terbukti dapat membuat siswa lebih aktif, hasil menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa pada pertemuan ke 1 sebesar 77,34% dan pertemuan ke 2 sebesar 78,25%. Sehingga rata-rata keseluruhan berjumlah77,80 % dengan katagori aktif. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan multimedia interaktif adalah 75.32%. Rata-rata hasil belajar kelas kontrol yang tidak menggunakan multimedia interaktif adalah 67.58%. Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif dengan siswa yang diajarkan tidak menggunakan multimedia pada konsep sistem pencernaan di MTs Darul Ulum Palangka Raya. Ini dapat dilihat dari nilai = lebih besar dari nilai = 1.687, maka Ho diterima dan Ha ditolak.

Kata kunci: Multimedia Interaktif, dan Keaktifan Siswa

Download PDF

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Translate »