Mar 14 2016

Membuat Soal Pilihan Ganda dan Score di PowerPoint

Download PDF

powerpointMicrosoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 16 (Microsoft Office PowerPoint 2016), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2016.

Saat ini, sebagian besar pendidikan (Guru dan Dosen) telah menggunakan Microsoft PowerPoint sebagai salah satu alat presentasi maupun digunakan untuk membuat media pembelajaran. Dalam pemanfaatan PowerPoint dapat difungsionalkan VBA (Visual Basic Application) untuk membuat pen-skor-an evaluasi menggunakan program PowerPoint sudah banyak dikembangkan. Ada beberapa langkah yang perlu dilaksanakan untuk dapat menggunakan PowerPoint sebagai bahan / Media Pembelajaran Interaktif dengan soal pilihan ganda dan skor untuk mengetahui nilai peserta didik (siswa dan mahasiswa). Adapun langkah sederhananya adalah sebagai berikut :

  1. Membuat desain soal
  2. Membuat slide Microsoft PowerPoint
  3. Membuat macro
  4. Menerapkan macro pada tombol pilihan jawaban
  5. Menerapkan macro pada tombol lihat skor
  6. Menyimpan file dalam format *.pptm

Desain Soal

Disain soal yang akan dibuat tidak ada umpan balik atau komentar kepada dan/ dari penjawab. Penjawab memilih jawaban cukup dengan memilih option jawaban yang disediakan. Jika soal yang direncanakan berjumlah 10 soal maka untuk pilihan benar diberi nilai 10 (jika nilai maksimal 100) atau 1 (jika nilai maksimal 10), sedangkan pilihan salah diberi nilai 0. Umpan balik hanya ada saat siswa melihat soal evaluasi yang sudah dikerjakannya. Jika membuat 10 soal evaluasi artinya minimal menggunakan 12 slide. Slide pertama untuk judul / pembuka dan slide terakhir untuk penutup dan tombol penilaian

Membuat evaluasi pada Microsoft PowerPoint

Untuk membuat evaluasi pada Microsoft PowerPoint kita bisa memanfaatkan setiap tampilan slide sesuai rancangan di atas. Contoh slide Evaluasi untuk Cover, Soal dan Lihat Skor dapat dilihat pada gambar berikut:

a. contoh slide untuk cover :

cover

b. contoh slide untuk soal nomor 1 – terakhir :

soal

c. contoh slide terakhir untuk cek nilai :

cek nilai

Membuat Macro

Untuk menghasilkan evaluasi interaktif menggunakan VBA menggunakan fasilitas macro kita buat 3 buah macro yaitu : Benar, Salah, dan Skor. Untuk menampilkan jendela visual basic editor tekan tombol Alt + F11.Kemudian tulis kodenya sebagai berikut:

=================================================================

Dim nilai As Integer
Dim konfirmasi As String

Sub mulai()
nilai = 0
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End Sub

Sub benar()
konfirmasi = MsgBox(“Yakin dengan jawaban anda?”, vbYesNo, ” Cek Jawaban!”)
If konfirmasi = vbYes Then
nilai = nilai + 10
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End If
End Sub

Sub salah()
konfirmasi = MsgBox(“Yakin dengan jawaban anda?”, vbYesNo, ” Cek Jawaban!”)
If konfirmasi = vbYes Then
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End If
End Sub

Sub nilai()
‘tombol untuk selesai
MsgBox (” nilai latihan anda adalah ” & nilai)
End Sub

=================================================================

Kemudian tutup VBA dan kembali pada PowerPoint yang telah kita buat tadi.

Menerapkan Macro pada Tombol Mulai

Setelah kode macro dibuat maka selanjutnya adalah memberikan action macro tersebut pada tombol start ,adapun caranya adalah sebagai berikut: masuk ke slide cover yang akan di pasang macro, select tombol start –> Insert –> Action –>Run Macro –> Mulai –> OK.

macro mulai

Menerapkan Macro pada Tombol Pilihan Jawaban

Setelah kode macro dibuat maka selanjutnya adalah memberikan action macro tersebut pada pilihan jawaban adapun caranya adalah sebagai berikut: Untuk memasang macro ada pilihan jawaban benar adalah dengan cara : masuk ke slide soal yang akan di pasang macro, select pilihan jawaban –> Insert –> Action –>Run Macro –> Benar –> OK. Setiap soal hanya ada satu jawaban benar, lainnya salah.

run macro

Menerapkan macro pada tombol lihat skor

Untuk memasang macro untuk melihat skor adalah sebagai berikut: masuk ke slide hasil evaluasi yang akan di pasang macro, select tombol lihat skor–> Insert –> Action –>Run Macro –> Skor –> OK.

macro nilai

Menyimpan file dalam format *.pptm

Setelah semua Macro dimasukkan dalam pilihan jawaban maupun pada lihat skor, dan pembuatan evaluasi sudah selesai agar program Macro dapat dijalankan makan untuk penyimpanan filenya harus dalam format *.pptm.

Save –> Save as type –> PowerPoint Macro-Enabled Presentation (*.pptm ) –>save.

save as

Demikian uraian singkat tips dan trik mudah membuat penskoran untuk evaluasi dengan Microsoft PowerPoint.

Download PDF

6 comments

Lompat ke formulir komentar

  1. BAGUS BANGET ” EVALUASI PILIHAN GANDA DENGAN POWER POINT” AKU PINGIN BISA , BISAKAH MENUNJUKAN CARA MENERAPKAN MAKRO PADA TOMBOL PILIHAN GANDA.
    TRIMAKSIH

    1. terima kasih atas komentar dan mampirnya. insyaallah kalau diikuti mulai awal hingga akhir tutorialnya maka akan dapat digunakan dengan baik

  2. ILMUNYA SANGAT BERMANFAAT,

    1. terima kasih feedback.nya

    • Icha on 14 November 2017 at 10:54
    • Balas

    Kang,saya sudah coba praktekkan dr awal.alhmdllh berhasil,tetapi setelah d save dg type pptm.saya buka lagi programnya gak bisa jalan.
    Gimana caranya y kang?

    1. terima kasih telah mampir. bisa jadi karena saat membuka script tidak berjalan. jadi saat dibuka kembali, lakukan “enabled” pada macro yang diminta. biasa ada notifikasi saat membuka file tersebut

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Translate »