«

»

Apr 14 2014

Manfaat Sarapan Pagi

Download PDF

sarapanSering kali kita mengabaikan sarapan di pagi hari. Padahal tubuh kita memerlukan energi yang cukup setiap hari. Apakah Anda selalu sarapan pagi? Jika tidak, mulai sekarang biasakan sarapan setiap pagi karena sarapan banyak manfaatnya. Berikut adalah beberapa manfaat sarapan:

1. Memberikan energi lebih

Tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari dan energi tersebut dapat diperoleh dari sarapan pagi. Hal ini membuat tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah.

2. Menyegarkan otak

Otak juga mendapatkan nutrisi dari sarapan sehingga otak dapat berpikir lebih baik dan cepat. Selain itu sarapan pagi juga meningkatkan konsentrasi.

3. Mencegah penyakit Maag

Sarapan pagi membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Lambung yang terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan berakibat sakit maag.

4. Membantu perkembangan anak

Bagi seusia anak sekolah, konsentrasi belajar, kemampuan berpikir, daya ingat, akan meningkat jika sudah mengonsumsi sarapan. Anak pun jadi lebih mudah menyerap pelajaran yang didapatnya dan kebutuhan nutrisi untuk perkembangan anak turut terpenuhi.

5. Menyehatkan tubuh

Sarapan pagi membuat tubuh terhindar dari kolestrol. Hal ini dikarenakan sarapan mampu mendorong metabolisme sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolestrol berkurang. Selain itu, sarapan secara rutin juga bisa mengecilkan lingkar pinggang hingga 5cm. Satu hal yang perlu diperhatikan, porsi sarapan hendaknya tidak terlalu banyak, karena dapat mengganggu aktivitas.

6. Menghindari makan tak terkontrol

Sarapan pagi menghindarkan kita dari rasa lapar berlebih. Jika tidak sarapan, yang terjadi adalah rasa lapar mengakibatkan porsi makan siang menadi lebih banyak dan mengonsumsi banyak cemilan. Dari camilan-camilan inilah dapat menyebabkan kegemukan.

Sarapan pagi itu penting, jadi mulai sekarang biasakanlah sarapan secara rutin. Agar tubuh kita lebih sehat.

Semoga Bermanfaat

Sumber : ResepKita

Download PDF

2 comments

  1. furniture jepara

    bagaimanapun sibuknya kita harus sarapan hehehe

    1. Kang Rohma Rohmadi
      Kang Rohma Rohmadi

      To: Furniture Jepara, betul…mari galakkan budaya sarapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Translate »