Jun 03 2013

Custom Domain WordPress.com

Download PDF

Anda telah memiliki blog di wordpress.com? Juga sudah memiliki domain yang akan digunakan untuk custom domain wordpress Anda? Bingung? Ikuti artikel berikut :

Artikel sebelumnya telah dibahas mengenai custom domain blogspot. Kali ini akan dibahas custom domain untuk alamat blog di wordpress.com.

Jika pada Blogspot diberikan layanan custom domain secara gratis, tidak demikian dengan blog pada WordPress.com. Untuk Custom domain di wordpress.com dikenakan biaya US$13 /tahun. Hal yang perlu dilakukan adalah menyiapkan kredit sebesar US$ 13 tersebut bisa menggunakan account paypal atau kartu kredit lain yang anda miliki dan mengirimkannya ke account WordPress.com Anda.

Langkah-langkah custom domain :

Langkah 1

Anda perlu melakukan managed DNS nameservers pada domain Anda untuk mengarahkan ke  WordPress. Login pada halaman domain manager Anda dan mengganti dengan DNS name WordPress.com yang sudah ditentukan, yaitu ns1.wordpress.com , ns2.wordpress.com , danns3.wordpress.com. setting ini Anda lakukan pada penyedia Layanan domain Anda.

Langkah 2

Login ke halaman Dashboard pada account blog anda di  WordPress.com. Pilih menu  Store–>Domain kemudian isi dengan nama domain Anda, misalnya www.domain.com, kemudian Klik Add domain to blog.

tutorial wordpress 1

Langkah 3

Beri tanda cek list pada kolom “I already own domain.com and would like to map it to WordPress.com” (untuk kata domain.com sesuai nama domain Anda).  Kemudian Klik “Yes! Start Mapping My Domain

tutorial wordpress 2

Langkah 4

Pilih cara Pembayaran Anda, Jika menggunakan Kartu Kredit maka isi data dengan benar sesuai Data Kartu Anda. Kemudian klik “Purchase

tutorial wordpress 3

Ketika proses pembelian kredit selesai selanjutnya akan muncul halaman konfirmasi untuk menggunakan kredit sebagai pembayaran untuk penggunaan nama domain Anda. Yang perlu dilakukan di sini adalah mengklik tombol ‘Buy’

Langkah 4

Pada halaman berikutnya , agar nama domain tersebut dapat digunakan yang perlu dilakukan hanyalah klik link ‘Put blog here ‘ artinya akses ke alamat (account wordpress) akan redirect ke domain baru.

Setelah proses propagasi selesai, maka Anda dapat mengakses domain Anda di www.domain.com

Semoga membantu….jika masih bingung silakan hubungi penulis di about.rohmadi.info

Download PDF

1 comment

1 ping

  1. oke, terimakasih…

  1. […] Custom Domain WordPress.com – Pengetahuan adalah Ilmu […]

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Translate »